Catatan Perjalanan Bandung Yogyakarta PP Via Majalengka Dengan Mobil Klasik: Mitsubishi Lancer SL 1983

mitsubishi lancer SL 1983 white n black

Pada akhir tahun 2012, bersamaan dengan liburan sekolah anak-anak…saya melakukan touring dengan mobil klasik kebanggaan satu-satunya…Mitsubishi Lancer SL 1983! Sebuah mobil family car …bukan city car..ini beda peruntukan..karena jika sebuah city car misalnya daihatsu Charade Hatchback dipakai untuk perjalanan antar propinsi /mudik..akan riskan..resiko panas mesin tinggi. Mobil Lancer ini sudah dengan velg racing Tom’s original Japan…keempat ban donut nya sudah berumur..kelihatan dari fisiknya sudah lebih dari 1 tahun pemakaian…tapi sengaja saya tes kekuatannya masih berapa ribu km lagi masa pakainya. Mobil ini catnya sudah kusam..tapi kami harap bisa mengantar keluarga kemana kami mau dengan cukup nyaman…dan ekonomis. Dibilang ekonomis karena dengan membawa sekeluarga kami hitung PP Yogya Bandung habis 1.5 juta..bensin …makan-makan…jalan-jalan ke pantai…jalan-jalan di kota Yogya…jika dihitung dengan membawa 4 orang anak kami maka biayanya sama dengan naik Kereta Api ekonomi tuh…bayangkan naik KA Ekonomi Bandung Yogya cuma bayar 30 ribu seorang! Yah beruntung pemudik KA Ekonomi sekarang karena sudah nyaman tidak berdesakan lagi..dan biayanya masih ditanggung pemerintah…kalo tarif normal KA kelas bisnis satu orang paling tidak bayar 100 ribu hitungan bisnisnya.

lancy2

OK ..back to our journey story….

Tujuan ke Yogyakarta dari Bandung berangkat pagi…cuaca cerah..alhamdulillah.

Persiapan yang saya lakukan sebelum menempuh jarak 800 Km pulang pergi Bandung Yogyakarta Via Majalengka antara lain : mengganti Oli mesin dengan produk Pertamina Mesran Super saja murah dan bagus, menambah oli rem, mengganti filter oli dan tambah air reservoir radiator dengan aqua. Itu sangat penting…karena jika oli kotor atau terlalu memaksakan touring sementara mesin tidak mendukung…mobil bisa hancur mesin…we don’t want this! Kemudian saya juga cek warna busi setelah dipakai jalan-jalan sebentar…ternyata warnanya …ternyata warnanya coklat kehitaman..it means OK.

Foto2014

Setelah ganti filter oli…maka kita sudah meyakinkan bahwa sistem pelumasan mesin sudah oke..dan saya coba membuka tutup oli mesin sambil mesin dihidupkan…ternyata oli muncrat sampai ke head dengan lancar…tanda bahwa pelumasan mesin normal. Dan waktu pagi hari di cek warna oli dari stik pengecek oli mesin ternyata warna oli masih baik…tidak hitam sekali dan kelihatan masih jernih. Untuk kepentingan monitor kondisi kesehatan mesin…saya tidak berani mengambil mobil yang tidak lengkap dengan indikator panas dan indikator bensin normal…tanpa kedua alat monitor ini maka kita jadi harus terlalu mengandalkan feeling untuk merasakan gejala tidak beres pada mobil.

Alat yang saya bawa untuk perjalanan jauh ini antara lain dongkrak seharga 200 rebuan, kunci-kunci busi, kunci roda.

Ini sebenarnya adalah sebuah  perjalanan untuk mengetes mobil yang baru kami beli dari Tokobagus…sebuah ritual yang biasa saya lakukan untuk menerima anggota baru di keluarga kami…sebuah mobil harus memenuhi syarat yakni…kuat diajak mudik beraarti mesin dalam kondisi baik…bisa diajak ke tempat wisata yang kami inginkan…cukup nyaman walaupun tanpa AC…dan tampilan keren ala klasik.

mandi sungai

Alhamdulillah perjalanan kami lancar dari Bandung ke Yogya…kami istirahat di hotel “Pertamina” di Purworejo…dan kebetulan cuaca di bulan Desember…hujan sangat deras seperti ditumpahkan dari langit … sehingga penglihatan sangat terbatas… jadi terpaksa menghentikan perjalanan…dan juga untuk melepas lelah dan mengistirahatkan mobil juga.

Waktu perjalanan pulang Yogya ke Bandung, kami sempat mampir ke Pantai Ayah Banyumas untuk melihat Sunset.

pantai ayah1

Pantai ayah kapal

Masalah terjadi waktu kami pulang dari Majenang ke Banjar , waktu di lintas Banjar…mobil mengalami rusak laher roda depan…tanda-tandanya tidak begitu kentara hanya berupa suara aneh dari ban depan..dan suaranya sesekali saja…jadi saya pikir tidak terlalu seirus…kemudian laher kami ganti di Banjar sana …habis  deh 300 rebu…hehe bikin biaya perjalanan membengkak nih…tadinya mau langsung piknik ke Pangandaran terpaksa urung dulu…secara teknis memungkinkan..tapi secara psikologis kami  capek..

Nah..sebelum kami ganti laher roda ..di daerah perbatasan Jabar Jateng…kami sempat rekam kejadian longsoran yang terjadi di hutan lindung tersebut…kata penduduk setempat ada satu mobil yang terbawa longsoran!

Kesimpulan…Secara total…mobil ini lulus ujian…dengan catatan bensin  boros sekitar 1:7….tapi secara mesin masih OK…

Dengan begitu kami juluki anggota baru kami ini…Sang Petarung di Usia Senja..heheheh

SEBUAH TIPS PERJALANAN JAUH

Ada satu trik yang membuat kami mampu melewati jarak yang jauh ini…waktu itu perjalanan malam hari dari Majalengka ke Bandung…kondisi kami cukup macet dan berangkat bersama iringan truk besar di jalan menanjak….ini riskan! Karena mobil harus berjalan pelan…berarti rem harus fungsi baik…dan panas mesin harus normal…

Tipnya adalah…jangan memaksakan mobil terlalu lama berjuang berpanas ria…istirahatlah..

cooling engine mitsubishi lancer SL

di saat itu kami istirahatkan sekitar 15 menit di Pom Bensin Sumedang…lalu saya guyur dengan air pada bagian body radiatornya(bukan mesin yang diguyur..nanti ancur) ..jangan sekali-kali membuka tutup radiator di saat mesin panas!….alhasil…. mobil cepat dingin…mirip orang demam panas ..badan dikompres konsepnya…

4 thoughts on “Catatan Perjalanan Bandung Yogyakarta PP Via Majalengka Dengan Mobil Klasik: Mitsubishi Lancer SL 1983

  1. i nengah pageh

    maaf, brow lam kenal nama saya i nengah pageh dari denpasar bali,saya sangat tertarik dengan uraian bpk tentang mitsubishi lancer sl 83.kebetulan saya juga penggemar lancer 83, dan saat ini mobil tersebut saya pelihara,tetapi ada yang pengin saya tanyakan tentang acecoris dll boleh kan ?dan kalau boleh saya minta no hp & ini no hp saya ;081805399254,082147273974, saya tunggu no hp bapak. salam sejahtra dari pulau dewata bali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s