Semua Berasal Dari Pendidikan,Baiknya Timnas Belajar Dari Australia Saja.

Dahuu kala…Indonesia di awal kemerdekaan menjadi negara yang paling hebat di Asia Tenggara. Banyak Orang Malaysia, dan Singapura yang belajar ke Indonesia. Saat itu kita tahu bahwa banyak dari dosen-dosen Indonesia, orang terpelajarnya berguru dari Mbah Londo, Orang Belanda. Siapa pemimpin besar jaman itu yang tidak belajar dari Kumpeni? Dan kala itu sepakbola Indonesia ikut WORLD CUP sebelum Perang Dunia I. Jika pendidikan maju, maka dengan sendirinya prestasi akan mengikuti. Ikutilah ahlinya, maka akan membawa hasil. Ikutilah yang bodoh, maka akan terpuruk, tidak pernah maju.

Akan Tetapi setelah itu mulai kualitas pendidikan kita menurun, seiring dengan berjalan waktu para cendekia didikan Belanda mulai sirna satu persatu,dan akhirnya malah banyak orang Indonesia belajar ke Malaysia atau Singapura…terbalik! Kalau kita melihat kualitas kehidupan di negara tersebut terutama Singapura memang lebih bagus. Apakah memang kekurangan kita adalah karena kita besar?

Sekarang kita lihat dari kacamata sepakbola, dalam 5 tahun terakhir ini perkembangan negara tetangga sperti Vietnam, Malaysia, Myanmar, bahkan Timor Leste, dan Filipina, mereka sangat pesat pembelajarannya. Sehingga saat ini karena prestasi Timnas belum beranjak signifikan, maka peta kekuatan menjadi berimbang, dan sulit memprediksi siapa bakal menjadi juara SEA GAMES 2011 sepak  bola?

Lihatlah Timor Leste yang belum 10 tahun merdeka…sepakbolanya sudah sangat mengesankan, padahal di timnas Indonesia dari jaman dahulu sampai sekarang belumdengar ada nama orang Timor Timur masuk skuad Timnas? Ternyata mereka bisa mengembangkan sepakbola dengan profesional dan bisa menunjukkan bahwa mereka layak diperhitungkan di Asia Tenggara? Hipotesis saya  pasti banyak orang Portugal yang memberi mereka pelajaran sepakbola? Ini adalah soal menajemen di kita. Kita punya talenta, punya uang, punya orang pandai…kenapa harus kalah? Bukankan “timnas”( u15?) berhasil menjadi juara 1 dunia di Italia tahun 2011 ini?lihatlah berita detiksport.news ini …..

Saputra dkk menggondol piala Intesa Sanpaolo Cup 2011 yang digelar oleh klub termasyur di Italia, AC Milan. Intesa Sanpaolo Cup sendiri merupakan turnamen tahunan yang menyedot perhatian di Milan Junior Camp Day. Di final 5 November lalu, para remaja asuhan pelatih Bambang Waskito itu menundukkan tim gabungan Venezuela-Brasil dengan skor 2-0.

Sementara dalam ujicoba dengan para pemain junior AC Milan Soccer Academy yang dihelat setelah kejuaraan selesai, tim Indonesian All Star juga menang 3-2. Tim Indonesian All Star merupakan tim pertama yang mengalahkan tim junior AC Milan yang dilatih dengan ketat.

Saputra pun merasa bangga bisa mempersembahkan hasil tersebut. Stiker tim Indonesian All Star ini menceritakan, kekompakan tim menjadi faktor penentu kemenangan. Selain kompak, timnya mempunyai semangat yang luar biasa sehingga mampu menggunguli 25 negara peserta turnamen sepak bola lainnya.

“Tim Indonesia sangat kompak dan terus banyak sekali motivasi. Kalau mau pas di lapangan semangat semua,” kata Saputra, yang ditemui di sela-sela pertemuan tim Indonesian All Star dengan Wakil Presiden Boediono di Kantor Wapres, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2011).

Adalah langkah yang bagus untuk “menyekolahkan” anak terbaik bangsa untuk ikut bermain Liga Uruguay , yakni dengan Timnas S.A.D..dengan begitu akan membiasakan atmosfer sepakbola yang lebih berkualitas. Usaha seperti ini akan membawa hasil, walaupun biayanya pasti besar. Kalau mau, kenapa kita tidak belajar dari tetangga “Eropa” dekat kita…orang Aussie  kan mereka rangking 20 besar dunia..tidak jelek lah? Daripada jauh pergi ke Uruguay makan biaya? kita bikin saja supaya bisa ikut Liga Utama Australia? kita sewa coach mereka, kita sewa hotel mereka, kita makan produk mereka…sebagai gantinya mereka akan mengeluarkan ilmunya untuk Timnas Indonesia?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s