Blind Man

Adalah seorang yang buta matanya. Apakah normal baginya untuk duduk diam menunggu, sang rezki datang sendiri kepadanya? Karena bergerak, berjalan menjadi sangat berresiko dan sulit baginya. Akan tapi, dia punya perut yang merasa lapar, punya nafsu yang harus dipuaskan, punya rasa ingin tahu yang harus diselesaikan. Kebutuhan adalah dasar bagi sebuah “pergerakan”, sebuah aksi, amal. Tidak masalah dia mempunyai kekurangan, tapi itu semua harus dijawab oleh si buta, Allah masih memberinya telinga untuk mendengar, kulit untuk merasa, hidung yang mencium bau, kaki yang lincah, tangan yang sempurna. Bahkan jaman rasul SAW, orang buta saja ikut berjihad perang!Itu karena dia merasa butuh akan janji surga bagi para syuhada, hidup yang jauh lebih indah dibandingkan dunia setelah kematian. Seorang buta juga tetap diwajibkan untuk shalat berjamaah ke masjid di saat subuh yang gelap dan jalan yang tidak mulus, dan tidak pula dibilang dekat.

Islam mengajarkan keteguhan, kemandirian, harga diri, bebas dari pengaruh jelek orang lain, tanpa meninggalkan kebaikan hidup bergaul dan bermasyarakat. Tidak mengapa anda disebut miskin harta, lebih penting  hidup dari harta yang halal, profesi yang dijalani dengan sepenuh hati, bisa berkontribusi untuk manusia lain dan cukup  untuk menjalani kehidupan dunia yang fana.

Tidak jarang diantara orang buta itu bisa bersaing setara dengan orang yang melihat, misalnya menjadi sarjana, bekerja kantoran dll. Melihat keterbatasan mereka , prestasi seperti itu sudah pasti mengundang decak kagum. Kalau dia bisa, kenapa kita tidak?

Jadi ternyata lebih parah buta semangat hidup, daripada buta mata…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s