HONDA CS1 REVIEW


Pada tanggal 6/4/08 di sirkuit kenjeran park surabaya, jagoan baru honda ini di test oleh beberapa media masa yg diundang oleh Honda.

Desain CS1 bener-benar baru di dunia, kami yang pertama main di kategori ini kata Mr. Miki Yamamoto, Presdir PT AHM. riding positionnya mirip bebek, namun kesan yang tertangkap saat pandangan menyapu bagian depan, justru seperti berada di atas motor sport, mungkin karena desain bagasi depan sekilas seperti tangki di motor sport, padahal tangki sebenarnya berada di bawah jok seperti bebek kebanyakan. hebatnya meski terlihat bongsor, berat kosong cs1 ini hanya 114kg.

Meski kapasitas mesin hanya 125 cc dan jumlah katup di kepala silindernya cuma 2 buah, respons tenaga mulai putaran bawah hingga tengah terasa gede, akselerasi motor mampu melesat cepat waktu grip gas mulai dibuka, beda dengan bebek sekelas.

Saat diukur dengan Vericom VC3000, untuk mencapai jarak 0-201 meter, CS1 hanya butuh 12,28 detik (bobot pengemudi 77 kg). sayang kemampuan top speednya saat diuji terpisah hanya mentok 115 km/jam. mungkin karena putaran mesin sengaja di limit tidak terlalu tinggi lewat CDI. limiternya dipatok cuma sampai 11.300 rpm. untuk alasan safety kata Wedijanto, Technical service AHM.

Menurut Agus Bleduk pembalap road race nasional, handling CS1 patut diacungi jempol, dipakai menikung ekstrem sasis tak terasa lari-lari, bobot motor juga terasa enteng, sehingga manuver motor sangat lincah.

Data Akselerasi :

0-60 km/jam : 5,59 detik
0-80 km/jam : 8,48 detik
0-100 meter : 7,54 detik
0-201 meter : 12,28 detik
Top speed : 115 km/jam
Konsumsi BBM : 46,2 km/liter (kecepatan max tidak lebih dari 70 km/jam)

+ Pencatatan jarak super akurat
Sistem digital spidomoter CS1 ini memiliki keunggulan soal pencatatan jarak tempuh, serba digital dan meniadakan sistem jarum jelas Handy Hariko, senior manager technical service AHM. alat pengukur dengan lima digit angka, artinya jika sudah mencapai 99.999km akan kembali ke 0.

– Bagasi kecil
Pengguna cs1 tidak dapat menaruh banyak barang,console box (c-box) yang terletak diatas underbone hanya cukup untuk menaruh jas hujan. ya namanya motor sport…

+ Sasis twin tube
Sasisnya yg bertipe twin tube ini lebih unggul timbang rangka yang bulat, oleh karena itu motor ini tetap stabil ketika diajak rebah.

+ Posisi setang
Setang yang tampak tinggi dengan posisi setang menekuk ke dalam, membuat pengendara dapat bergerak leluasa dan tidak mudah pegal.ketika diajak menikung sampai foot step depan menyentuh aspal motor ini tetap mantap.

+ Tenaga setara mega pro
Tenaga CS1 yang 125 cc mampu mendongkrak 12,66 dk. hampir setara honda mega pro yang 160 cc dengan tenaga 13,12 dk. sebagai pembanding lagi, berat CS1 hanya 114kg. dibandingkan dengan supra x 125 yang lebih enteng yaitu 102kg, CS1 tetap lebih unggul, coba saja gunakan rumus power to weight rasio atau DK dibagi bobot total. CS1 yaitu 12,66/114 = 0,111 sedang supra x125 yaitu 9,17/102 = 0,0899. wajar jika CS1 enteng dan bertenaga full lantaran power to weight rasio lebih besar, artinya tenaga motor sport tapi punya bobot bebek.

5 thoughts on “HONDA CS1 REVIEW

  1. fatih

    hello mas bro…
    ini pengalaman ane sendiri lho…
    sumpeh dah, nie motor uuueeenak banget diajak rebahan, akselerasi juga mantep…
    ga nyesel deh punya nie motor…!
    yamaha “kebo” aja ga bisa ngejar nie motor, pdahal masih standar punya ane mtornya…!

    memang desain body aga aneh, tapi kalo agan-agan mau modif dkit bodynya, pasti bakal lebih keren dah…!

  2. SantaiBro

    Kalo menurut ane sih, ni motor harganya kemahalan untuk kelas 125cc. Sementara dengan harga yang hampir sama (beda tipis banget) udah ada Suzuki Satria FU yang performa dan tampilannya lebih sipp, dan udah 150 cc lagi. Dan kalau ane pikir dan lihat – lihat lagi, konsep body CS1 hampir sama kayak Satria FU (yang dipasarkan dan diproduksi lebih duluan). Cuma sedikit gagal dalam menirunya. gimana orang gak berpaling dari ni motor, kalo secara kasat mata aja udah kelihatan kurangnya….?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s