Mencari Kesenangan dalam Kerja (serius)

Bagaimana jika tidak mungkin ganti pekerjaan? Anda mungkin mencari cara agar dapat mengubah situasi kerja  agar memberi Anda kepuasan lebih.

Orang-orang lebih bahagia dalam pekerjaan mereka:

-jika mereka dapat terlibat penuh (Dalam kondisi Flow),

-jika mereka menggunakan kekuatan pribadi (personal strength) mereka, dan

-jika mereka merasa  memberikan kontribusi (sense of meaning).

Mungkin ada beberapa perubahan dapat anda buat – atau memintanya – yang memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal yang lebih.Jika Anda bosan, jika Anda tidak dapat menggunakan kemampuan Anda dengan penuh, cobalah mengambil sesuatu yang lebih menantang, baik dengan meminta atau dengan hanya sukarela melakukannya bahkan jika Anda tidak perlu. Anda mungkin menemukan bahwa pekerjaan menjadi lebih memuaskan, dan manfaat sampingan dapat lebih menyenangkan, siapa tahu kenaikan salary.

Apa itu Flow ?

Mihalyi mempelajari orang-orang yang melakukan kegiatan untuk kesenangan bahkan ketika mereka tidak dihargai dengan uang atau ketenaran. Mereka termotivasi oleh kualitas dari pengalaman mereka sementara mereka terlibat (menikmati) dalam kegiatan ini. Pengalaman yang optimal tidak datang ketika mereka sedang bersantai, atau mengambil obat atau alkohol, atau mengkonsumsi kemewahan. Sebaliknya, seringkali suatu kegiatan /aktivitas yang  terdiri dari sesuatu yang sulit,berisiko, atau bahkan menyakitkan. Biasanya menuntut kapasitas seseorang untuk lebih berkembang, memberikan tantangan untuk beberapa penemuan kemampuan baru , dan perasaan terlibat.

Apa itu Personal Strength (kekuatan unik seseorang) ?

1. Kreativitas [orisinalitas, kecerdikan]: Berpikir hal baru dan cara-cara yang produktif, membuat konsep dan melakukan hal baru.
2. Keingintahuan [mencari kebaruan, keterbukaan terhadap pengalaman]: Mengambil suatu kepentingan dalam pengalaman yang sedang berlangsung untuk kepentingan diri sendiri; menjelajahi dan menemukan.
3. pikiran terbuka [penghakiman, berpikir kritis]: hal Berpikir melalui dan memeriksa mereka dari semua sisi;
4. Cinta belajar: Menguasai ketrampilan baru, topik, dan badan-badan pengetahuan, baik milik sendiri atau secara resmi.
5. Perspektif [kebijaksanaan]: Menjadi mampu memberikan nasihat yang bijaksana kepada orang lain, memiliki cara untuk melihat dunia yang masuk akal untuk diri sendiri dan orang lain.

Kekuatan Keberanian: kekuatan emosional yang melibatkan pelaksanaan kehendak untuk mencapai tujuan dalam menghadapi oposisi, eksternal dan internal
6. Keberanian [keberanian]: Tidak ingsut dari ancaman, tantangan, kesulitan, atau sakit; bertindak atas keyakinan meskipun tidak populer.
7. Kegigihan [ketekunan, kerajinan]: Finishing apa yang dimulai, bertahan dalam tindakan meskipun banyak hambatan.
8. Integritas [keaslian, kejujuran]: Mempresentasikan diri dengan cara yang asli, mengambil tanggung jawab atas perasaan seseorang dan tindakan.
9. Vitalitas [gairah, antusiasme, semangat, energi]: Mendekati hidup dengan semangat dan energi; merasa hidup dan diaktifkan.

Kekuatan Kemanusiaan: kekuatan interpersonal yang melibatkan cenderung dan berteman dengan orang lain
10. Cinta: Menilai hubungan yang dekat dengan orang lain, khususnya  berbagi dan peduli
11. Kebaikan [kemurahan hati, merawat, perawatan, kasih sayang, cinta altruistik, “kebaikan”]: nikmat Melakukan dan perbuatan baik bagi orang lain.
12. kecerdasan sosial [kecerdasan emosi, kecerdasan pribadi]: Menjadi sadar akan motif dan perasaan orang lain dan diri sendiri.

Kekuatan Kehakiman: kekuatan yang mendasari kehidupan masyarakat yang sehat
13. Kewarganegaraan [tanggung jawab sosial, loyalitas, kerjasama]: Bekerja dengan baik sebagai anggota kelompok atau tim, yang setia pada grup.
14. Keadilan: Mengobati semua orang sama menurut pengertian tentang keadilan dan keadilan; tidak membiarkan perasaan bias keputusan pribadi tentang orang lain.
15. Kepemimpinan: Mendorong kelompok mana yang merupakan anggota untuk menyelesaikan sesuatu dan pada hubungan yang sama baik menjaga waktu dalam kelompok.

Kekuatan Temperance: kekuatan yang melindungi terhadap kelebihan
16. Pengampunan dan belas kasihan: Mengampuni mereka yang telah berbuat salah; menerima kekurangan orang lain; memberi kesempatan kedua; tidak pendendam.
17. Kerendahan hati / Kesederhanaan: prestasi satu Membiarkan’s berbicara untuk diri mereka sendiri, bukan tentang diri sendiri sebagai lebih istimewa daripada satu.
18. Prudence: Berhati-hati tentang pilihan seseorang, tidak mengambil risiko yang tidak semestinya, tidak mengatakan atau melakukan hal-hal yang lambat mungkin menyesal.
19. Pengaturan diri [self-control]: Mengatur apa yang satu merasa dan tidak, yang disiplin, satu mengendalikan nafsu dan emosi.

Kekuatan Transendensi: kekuatan yang menempa koneksi ke alam semesta yang lebih besar dan memberikan makna
20. Apresiasi keindahan dan [kagum, heran, ketinggian] keunggulan: Menghargai keindahan, keunggulan, dan / atau kinerja terampil dalam berbagai wilayah kehidupan.
21. Syukur: Menjadi sadar dan bersyukur dari hal-hal baik yang terjadi; meluangkan waktu untuk mengungkapkan terima kasih.
22. Hope [optimisme, pikiran masa depan, orientasi masa depan]: Mengharapkan yang terbaik di masa depan dan bekerja untuk mencapainya.
23. Humor [main-main]: senang untuk tertawa dan menggoda, membawa senyum kepada orang lain, melihat sisi terang.
24. Spiritualitas [beragama, iman, tujuan]: Memiliki keyakinan yang koheren tentang tujuan yang lebih tinggi, makna hidup, dan makna dari alam semesta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s