Timnas dan World Cup 2014

Perjalanan Indonesia pastinya masih jauh dari mengharapkan ikut Piala Dunia, seperti dimaklumi prestasi Timnas saat ini  baru menembus peringkat 127 Fifa. Padahal aturan di Fifa dibuat untuk mendapatkan tim-tim yang mampu berlaga dengan baik di World Cup, sehingga mampu menghadirkan sepakbola  yang “entertainable”/dapat dinikmati mata pemirsa  seluruh dunia.

Apakah  32 tim teratas di peringkat FIFA otomatis masuk World Cup Yang bergengsi itu?

Ternyata, semua negara perlu untuk bersaing dulu melewati suatu proses kualifikasi World Cup dulu yang panjang dan rumit di level kontinental (mewakili benua masing-masing), kecuali negara tuan rumah yang secara otomatis boleh ikut World Cup.  Kualifikasi diikuti sekitar 208 negara yang masuk keanggotaan FIFA saat ini, dan dilaksanakan dua tahun menjelang pelaksanaan World Cup. Mari kita ambil kasus World Cup di Afrika Selatan 2010 kemaren.

Dari benua mana para peserta lolos kualifikasi Piala Dunia ini Berasal?

Afrika CAF) – 6 (termasuk Afrika Selatan)

Asia (AFC) – 4

Eropa (UEFA) – 13

Amerika Utara- Tengah dan Karibia (CONCAF) – 3

Oseania (OFC) – 1

Amerika Selatan (CONMEBOL) – 5

Kualifikasi dibagi ke dalam kelompok kontinental yang berjumlah enam federasi, yang akan mengatur ,mengalokasikan jumlah tertentu dan tertimbang tempat di final. Ada berapa negara dari setiap kelompok  piala kontinental yang masuk 32 besar FIFA saat ini ?

Afrika (CAF) – 5

Asia (AFC) – 1

Eropa (UEFA) – 18

Utara Amerika Tengah dan Karibia (CONCAF) – 2

Oseania (OFC) – 0

Amerika Selatan (CONMEBOL) – 6

Sistem saat ini mengalokasikan sejumlah tempat yang cukup akurat untuk  Amerika Selatan, CONCAF dan Afrika. Tapi, Eropa/UEFA yang memiliki tim  paling banyak dan paling siap  untuk menuju ke Afrika Selatan, hanya diberikan  13  dari 18 negara top 32  Fifa untuk  ikut World Cup. Sehingga ada 5 negara top 32 Fifa yang terpaksa tinggal, seharusnya semuanya bisa ikut karena sudah masuk 32 besar Fifa, tapi sistem tidak mengijinkan saat ini. Konsekuensi dari ini adalah bahwa negara-negara yang mungkin bisa memenuhi standar yang dibutuhkan untuk bermain sepakbola Piala Dunia tidak bisa ikut turnamen. Sebaliknya Asia hanya memiliki satu tim, Australia, dalam 32 besar, tetapi diberikan alokasi empat tim ikut Piala Dunia. Tim-tim lemah dapat merusak kualitas keseluruhan turnamen, demi menghadirkan pertandingan yang enak ditonton lah!  (….sedihnya…..).

Tim Top 32 FIFA Yang Tidak Pergi ke Piala Dunia

Kroasia (8), Rusia (12), Republik Ceko (15), Ukraina (22), Bulgaria (23), Israel (26), Mesir (28), Columbia (30), Irlandia Utara (30)

Tidak mengherankan bahwa tujuh dari sembilan puncak peringkat 32 FIFA yang gagal lolos ke Piala Dunia berada di konfederasi UEFA.

Tim Dengan Peringkat FIFA Lebih dari 32 Yang  masuk  Piala Dunia:

Slovakia (33), Honduras (35), Ghana (38), Jepang (40), Republik Korea (48), Slovenia (49), Selandia Baru (83), Afrika Selatan (85), Korea DPR (91)

Hal ini juga tidak mengejutkan untuk melihat tiga tim dari Asia di grup ini, namun hanya dua dari Eropa. Akan menarik untuk melihat mana tim dalam daftar lain bisa mengalahkan Korea DPR.
Sistem saat ini menghukum tim papan tengah Eropa seperti Slovakia, Slovenia dll yang  tidak masuk kualifikasi World Cup padahal lebih baik dari tim di Asia misalnya. Hal ini perlu untuk diperhatikan dalam pengembangan sepakbola dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s