Timnas 2010 dan Dukungan Publik Yang Luas

Ada yang berbeda dalam timnas 2010. Perubahan dari sisi pemain, pelatih, dan suporter. Manakah yang paling berpengaruh?

Saya pikir urutan pengaruhnya adalah , dari yang paling kuat yaitu  Pemain, suporter , dan pelatih. Kita tahu ada dua pemain naturalisasi, yakni Cristian Gonzales dan Irfan Haarys Bachdim. Dan kualitas mereka sedikit lebih di atas pemain lokal. Ada yang luar biasa dari kemampuan Duet ini, berkat keefektifannya memenangkan timnas di laga awal, publik langsung merasa bahwa dua orang ini sudah cukup membuktikan “nasionalismenya”. Liputan media yang sangat intensif, dalam setiap berita selalu ada liputan keberhasilan dan kehebatan timnas, setiap hari dari pagi , siang, sore! Tentu bukan masalah liputan saja yang begitu gencar, masalahnya adalah publik senang dengan hal itu, rating  berita meningkat. TV menjual, publik membeli.


Khusus Irfan Bachdim, dia adalah seorang fenomena “tipping point” yang menggerakkan publik terutama kaum hawa untuk memberikan dukungannya. Dari sosoknya, para selebritis hawa baik Luna Maya mapun Julia Peres dan konco-konconya memberikan dukungan langsung ke senayan. Bahkan dalam sesi latihan pun selalu di kerumuni pendukung fanatik! Ini tidak terjadi dalam pengalaman timnas sebelumnya. Irfan membawa berkah bagi timnas, ya. Tapi tidak sekedar Irfan saja, tapi karena performa memuaskan yang ditampilkan timnas. Irfan bisa dibilang “celebrity friendly”. Mampu mendongkrak nilai jual timnas.  Tidak bisa dipungkiri.

Beruntung timnas mendapat Cristian Gonzales yang saat ini berumur 35 tahun, walaupun gerakannya lambat, tapi skill individunya dan produktivitasnya patut diacungi 4 jempol. Performa timnas terdongkrak akibat gol sangat pentingnya melawan Filipina. Dua golnya melawan Filipina adalah gol yang tidak akan mampu diselamatkan kiper kelas dunia manapun. Tanpa tandukannya yang nyaris meleset karena memantul dari tiang kanan di leg pertama, dan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti yang bersarang di pojok kanan atas Neil Etheridge kiper liga Inggris itu, habislah harapan untuk meraih The AFF 2010 Champion. Tidak ada cerita bonus 5,5 milyar untuk setiap pemain jika menjadi juara satu AFF 2010. Bersyukurlah, terimakasih Gonzales. Gonzales dengan susah payah menjadi WNI, dan dalam waktu singkat menjadi pahlawan bangsa. Selamat Gonzales!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s