Cerita Barcelona FC 2010-2011, The Best, the fastest, the cleverest Team Work

Melihat hasil pertandingan final liga Champions Eropa yang mempertemukan El Barca dengan Red Devils,sungguh menyedihkan nasib MU, di les bola selama 90 menit oleh kecerdikan sepakbola para Spaniards? Bagaimana inggris mengalahkan  Spanyol? meeka punya  Messi yang biasa melewati 4-6 pemain belakang dengan cepat dan mengagetkan? Messi adalah tipe penyerang kaget (blitzkrieg?), suatu saat dia berikan bola kepada kawannya dengan enteng, di saat lain ketika melihat kelengahan lawan, dengan cepat dia melewati benteng itu dengan kecepatan tinggi, bummm…..mereka akan terluka meratapi gelarnya diambil Barca! Orang inggris itu harus menyerahkan titel untuk kedua kali berturut-turut setelah kalah 3-1. Sebelumnya tahun 2009 mereka kalah 2-0. Adapun squad el barca tidak begitu beda dengan tahun 2009 yakni : Tim Barcelona
Victor Valdes (kiper); Daniel Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Carles Puyol; Sergio Busquets, Xavi, Seydou Keita; Pedro, Lionel Messi, David Villa

Skuad MU :Van der Sar(kiper), Rafael, Evra; Smalling, Evans, O’Shea, Scholes, Fletcher; Gibson, Anderson, Nani, Valencia, Berbatov, Owen

Dan juga  setelah melihat pertandingan El Clasico jam 3 dini hari tadi, tidak meleset. Ternyata Barcelona masih jauh lebih unggul dari Real Madrid. Sebuah pertandingan yang sempurna, dua tim yang sama dihuni SDM super, manajer super, bobotoh super, atmosfer super…semuanya memberikan harapan tinggi kepada masing-masing tim. Pada awalnya kemungkinan menang masih 50-50. Tetapi ternyata tidak bertahan lama, karena Iniesta berhasil mengucek pertahanan Madrid yang dijaga 4 back kadang bahkan 5 back, dan memberi umpan terobos ke Xavi, dan 1-0…setelah itu permainan sudah bisa ditebak, gawang Iker Casillas seolah seperti tidak dijaga, masuk lagi dan lagi. Mourinho ..is not the “special one” again..but “a special woe”. Pep  masih membuktikan diri sebagai strategis bola nomer wahid di jagad bumi. Mudah-mudahan Indonesia bisa menyewa beliau mungkin untuk tim nas tahun 2030 ke depan.

Apa yang membuat Madrid kalah ?

Formasikah? saya tidak tahu, tapi permainan Barcelona begitu cepat, passing nya pendek-pendek dan sempurna, bola begitu lengket di kaki pemain dan berpindah-pindah secara cepat sehingga pemain Madrid merasa di pingpong/humiliated. Kerjasama tim tidak berpusat pada satu orang dua orang tapi merata ke semua pemain Barca/ tidak egois membawa bola. Untuk melewati dua atau tiga pemain Madrid, pemain Barca akan men -tictac dengan rekan lainnya yang turut mengawal bola. Permainan terindah yang pernah saya lihat! Tidak egois, penuh kerjasama, bola yang lengket/skill yang mumpuni, fisik yang prima.

Bagaimana Pertahanan Barca?

Setiap kali pemain Madrid menyerang (biasanya berdua), maka Benzema akan segera di kejar oleh Puyol dan Pique. Minimal dua orang bahkan tiga orang akan segera mengejar bola SAMPAI DAPAT! Itulah total football . Pep menjaga penguasaan bola di atas 60%, kalau bisa 70%, di bawah itu permainan tim ala Barca tidak akan efektif.

Sebenarnya Mourinho harus belajar dari permainan Getafe tim papan tengah bawah, tim yang sebelumnya mempersulit Barca dengan hanya menang 1-0. Dengan model Getafe permainan Barca terimbangi. Tapi ternyata strategi Mourinho sedang menemui sial.

Pep adalah mantan pemain Barca, sangat padu dengan tim yang diasuhnya, dan sangat dihormati pemainnya. Ketika Ronaldo merebut bola dari tangan Pep dengan kasar, sontak pemain Barca meradang, mengkrubuti Ronaldo yang sedang stres karena kalah telak.

Itulah permainan yang sempurna, menghibur….penuh kejutan…penuh harapan yang ternyata tidak sesuai perkiraan…

……sebuah cerita yang selalu dirindukan manusia. Thanks for the great stories!! Bravo Spanish Football!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s