Menghayati Bismillah

Bismillahi rahmani rohiim…

dengan nama Allah yang maha pengasih dan penyayang..

Menyebut sifat pengasih dan penyayang Allah sering dikedepankan dalam memulai suatu kegiatan apapun. Mengapa?

Kita sebagai manusia diharapkan meniru sifat tuhan yang dua ini. Sebagai buktinya, Allah lebih mengutamakan rahmatNya daripada hukumanNya. Kita sebagai orangtua misalnya, punya anak yang kadang nakalnya diluar batas kesabaran. Sayangilah dia, jangan keluarkan amarah (hukuman). Bagaimana kita menumbuhkan sifat kasih dan sayang terutama kepada anak?

Kalau anak anda tidur, ciumilah pipinya, belai rambutnya, peluklah dia setiap malam, pandangilah wajahnya yang “cute”. InsyaAllah anak akan menjadi dekat dengan anda. Jika kita sudah dekat dengan hati anak, maka akan lebih mudah memberikan masukan, nasihat untuk kebaikan sang anak. Tanpa kedekatan , mana mungkin kata-kata akan di dengar anak? pikirkanlah.

(Akan tetapi ada semacam anomali, begitu baiknya tuhan kepada manusia, dan betapa banyak yang tidak mengindahkan peringatanNya?)

Perlakuan seperti ini, juga berlaku untuk jenis manusia lainnya, misalnya istri anda , kekasih anda. Jika anda ingin di sayang mereka.

Tetapi lagi, jangan terlalu banyak berharap balasan dari sesama manusia, bersiaplah untuk tidak mendapat balasan yang setimpal dari usaha anda, supaya tidak menjadi kecewa. Itulah mengapa kita butuh Tuhan, yang menjanjikan balasan setimpal untuk setiap usaha kita,walaupun tidak kontan di dunia?

Tidak cukupkah kebahagiaan, manakala kita melihat senyum terkembang di wajah anak kita, wajah istri kita, atau orang yang kita tolong? Itu sudah menjadi karunia yang sangat besar bagi kita. 

Ada seorang wanita di Amerika Latin, yang bekerja sukarela untuk memberi makanan kepada gembel anak jalanan di kotanya. Ada lagi yang merasakan kepuasan dengan mencuci kaki pengemis, orang papa yang homeless…dia berkata…kakimu ini perlu disayangi, sini aku cuci dengan air hangat, karena dia akan membawamu dalam perjalanan bermil-mil besok harinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s