Hukum 10.000 jam dan Kemampuan

Saya tertarik dengan pikiran Malcolm Gladwell yang menyatakan kalau ingin menguasai suatu hal maka kita harus “meng-antusiasi”/ menyenangi /menggeluti suati bidang selama 10.000 jam tanpa jeda terlalu lama. Itu berarti jika anda meluangkan waktu untuk suatu aktivitas selam 1 jam sehari, maka dalam waktu 30 tahun anda akan menguasai bidang itu ( wah lamanya!) atau jika ingin lebih cepat menguasai ikutlah cara The Beatles, sebelum menjadi grup band terkenal mereka telah tampil di sebuah klub di Jerman selam delapan jam setiap hari selama empat tahunan (kalau dihitung sekitar 8x365x4th) yah, itu berarti melebihi 10.000 jam dalam karir mereka. Tapi ingat bahwa pekerjaan itu bukan sesuatu yang terpaksa, tetapi harus bisa enjoy, bagi mereka main band bukanlah kerja, tapi hoby. Bagi Thomas Alfa Edison, dia pernah bilang bahwa dia tidak merasa sebagai pekerja, tetapi menggeluti hobinya menemukan suatu alat yang akan bermanfaat bagi banyak orang di dunia.

Bagaimana kita? bisakah kita menggeluti bidang kita dan merasakan keasyikan yang mendalam pada suatu bidang itu, menemukan kesenangan sekaligus kebahagiaan di dalamnya? Wow, suatu yang indah dan mungkin jauh dari kenyataan kita.

Mungkin kita bisa mengarahkan anak kita untuk menggeluti bidang yang benar-benar dikuasai dan di cintainya. Saya yakin setiap orang mempunyai itu, kalau mau menggali dan memahami suara hati kita sendiri. Biarkan dia menjalani aktivitasnya itu dan melampaui 10.000 jam-nya dan kita akan melihat dia menjadi pakar di bidangnya. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s