Butuh Energi Lebih?

Setiap orang pingin banyak energi.

Dan apakah arti seorang laki-laki, loyo tanpa energi?” -Mark Twain

Mengapa Energi? Seringkali kelelahan merupakan kenyataan yang tak terhindarkan dari kehidupan kita. Orang lelah karena banyak menggunakan tubuhnya dan sebagian yang lain capek karena terlalu banyak istirahat atau tidur!

Pernahkah anda merasa sudah banyak makan tapi tubuh malah tetap lelah, capek, kepala berat, mata lelah, merasa ngantuk?

Apakah anda bertanya  kenapa Pak  Tani didesa terlihat segar , sehat dan penuh energi?

Jika kita merasa loyo, lemah, kurang energi, pertimbangkan kemungkinan sekali itu berasal dari makan yang salah. Dalam makanan itu tidak mengandung energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar menjadi segar dan penuh energi. Padahal seharusnya makanan adalah sumber energi bukan?

MAKANAN YANG KURANG ENERGI

Makanan yang mengandung sumber  energi rendah adalah makanan yang telah melalui proses /campuran kimiawi  misalnya: makanan kaleng, makanan beku, makanan dibotol, makanan difermentasi, makanan dengan bahan pengawet. Jika tubuh kita makan makanan dengan pengawet, bukannya mendapat energi malahan tubuh kita sibuk menetralkan racun sehingga kita jadi merasa lelah.

MAKANAN YANG LEBIH BAIK

Dengan makan makanan organik, berarti tubuh kita tidak harus bekerja keras menghilangkan racun yang terkandung dalam pestisida, hal ini membuat kita lebih berenergi. Makanan sumber energi terbaik adalah yang masih segar , mentah, langsung dipetik dari pohon dan belum diawetkan lama. Makan buah-buahan yang diambil dari pohon langsung adalah sangat baik  bagi energi kita dibandingkan dengan makanan yang sudah dikulkas selama seminggu. Mungkin hal ini dikarenakan dalam makanan yang fresh itu masih tersimpan “energi  kehidupan yang besar”.

Apakah yang dimaksud dengan “Energi” Makanan? Pertanyaan besar. makanan ‘Energi’ memberikan dorongan energi cepat dari karbohidrat berkualitas tinggi. Karbohidrat kualitas rendah  seperti gula putih dapat memberi Anda energi langsung meningkat, tapi dalam beberapa saat Anda akan ‘crash’ dan menginginkan gula lagi dan lagi. Jangan membuat kesalahan ini. Sebaliknya, penting untuk memilih karbohidrat kualitas tinggi seperti buah-buahan segar dan jus buah. Kemudian tambahkan lemak sehat dan protein untuk makanan ringan energi Anda dan untuk memberi Anda energi jangka panjang.
Lemak sehat termasuk makanan mentah seperti kacang dan selai kacang.
Jenis makanan favorit  adalah mereka yang masih fresh dan belum diolah. Makanan yang mentah (tidak dibakar) kacang-kacangan, buah organik segar, sayuran dan biji-bijian mengandung enzim hidup  dan akan lebih mudah bagi tubuh Anda untuk menghasilkan energi-menghasilkan kalori. Hal ini penting:  Semakin cepat tubuh Anda memproses makanan Anda, semakin cepat zat makanan itu memasuki aliran darah Anda untuk memberi Anda ENERGI! Contoh terbaik … jika Anda suka  kacang: pilih yang mentah bukan yang panggang. Jika Anda suka jus: pilih yang habis dibuat bukannya jus yang  ‘telah duduk di rak toko selama seminggu’ .

Tips Makan Sehat dan Berenergi

Supaya merasa berenergi dengan makanan sehat

1. Makan Makanan Yang Segar
Energi vital hadir dalam sayuran segar, baru dipetik, air bersih, biji-bijian, buah-buahan dan udara murni yang kita hirup. Salah satu alasan untuk makan adalah untuk memsukkan energi dari alam ini ke dalam tubuh kita. Sayuran dan buah-buahan segar lainnya akan memberikan tambahan energi langsung. Sangat penting untuk memotong sayuran dan masak mereka ketika masih segar setiap kali makan. Membeli sayuran yang sudah dipotong berarti bahwa Anda telah kehilangan sebagian energi tersebut. Untuk itu, beli sayuran dan buah-buahan segar untuk vitalitas maksimum.

2. Makan Organik atau Makanan Lokal
Makanan organik memiliki energi lebih dari makanan yang terkena pupuk kimia dan pestisida. Jika tubuh Anda harus bekerja keras untuk memurnikan bahan kimia setiap kali Anda makan, Anda akan merasa lelah dan keracunan.  Makanan lokal mempunyai energi lebih tinggi karena mereka tidak harus dikirim dari tempat yang jauh atau disimpan dan dapat membeli dari pohon langsung! Tumbuh tumbuhan lokal , buah-buahan, sayuran dan produk susu akan memiliki dampak biologis lebih kuat pada energi.  Tanaman tumbuh di padang pasir lebih bermanfaat bagi orang-orang yang tinggal di daerah kering, iklim panas. Prinsip ini tidak berlaku untuk biji-bijian atau kacang, yang tumbuh di berbagai daerah. Jika Anda tidak bisa mendapatkan sayuran atau buah-buahan lokal, lebih baik makan makanan impor. Yang penting di sini adalah bahwa jika Anda punya pilihan, membeli atau makan tumbuhan  lokal untuk vitalitas lebih.

3. Energi kehidupan
Jika mungkin memilih produk segar daripada makanan yang sudah lama disimpan, atau banyak diproses pabrik. Kekuatan hidup dalam makanan tersebut sudah lemah. Makanan beku, kalengan, dikemas, diproses, botol, difermentasi atau makanan sisa kurang memberikan tenaga untuk tubuh atau sering telah diubah dengan bahan pengawet kimia dan perisa. Makanan model begini lebih sulit untuk dicerna dan dapat menciptakan kelelahan. Pilih makanan yang segar, utuh dan tidak berubah oleh bahan kimia berbahaya atau metode pengolahan.

4. Makan Bermacam-macam Makanan
Pastikan untuk memutar pilihan Anda sehingga Anda selalu mendapatkan berbagai macam biji-bijian, buah-buahan, sayuran, protein dan rasa. Dianjurkan agar Anda makan semua enam rasa: manis, asam, asin, pahit, astringen dan menyengat-di setiap makan. Jika Anda mulai bosan dengan makanan Anda, atau jika Anda memiliki hasrat untuk makan makanan yang tidak sehat yang sudah menjadi hobi anda , itu petunjuk bahwa Anda tidak mendapatkan semua enam rasa. Gunakan rempah-rempah untuk menambah rasa lebih dan menyenangkan.
5. Masak dengan Bumbu Energi
Memasak dengan rempah-rempah membuat makanan lebih mudah dicerna dan menciptakan energi, Terasa nikmat di mulut dan sehat dibadan.

6. Hindari Kombinasi Penguras Energi
Hindari makanan yang tidak dicerna dengan baik ketika digabungkan, disebut makanan saling bertentangan. Menurut Dokter Maharishi Ayurveda, menggabungkan makanan berikut menciptakan ama dan energi yang rendah:
* Susu dan asin, asam, pahit, pedas atau zat selera. Rasa yang menggabung baik dengan susu adalah beberapa makanan dari rasa manis, seperti gula, kurma, madu, beras atau gandum. Untuk alasan inilah, lebih baik minum susu secara terpisah dari makanan Anda.
* Susu dan ikan.
* Susu dan telur.
* Susu dan yogurt.

7. Energi Air Minum Murni
Banyak minum kopi, teh atau minuman ringan berkafein dapat memberikan ledakan palsu energi, tetapi hati hati dengan “pajak”  kafein, menumpuk racun dan kelelahan dalam tubuh. Lebih baik minum air segar.

8. Minimalkan Makan di Restoran

Jika Anda harus makan di luar, Anda memilih dengan hati-hati. Mengawasi bahan-bahan dan metode memasak. Apakah bahan-bahan segar atau beku? Apakah ada minyak sehat? Inilah pertanyaan-pertanyaan, Anda dapat meminta.

9. Makan di Atmosfer Yang Benar
Makan dalam  suasana yang menetap untuk mendapatkan vitalitas maksimum dari makanan. Jika Anda berbicara di telepon, menonton TV atau melakukan pertemuan bisnis sambil makan siang, makanan Anda tidak akan mencerna dengan benar. Mungkin ini yang merupakan penyebab dari  sakit dan kelelahan. Makan sambil berdiri, berjalan atau mengemudi juga menciptakan hal negatif tersebut dan bukan menciptakan energi.

–         Source : http://kblog.lunchboxbunch.com and also from Maharishi Ayurveda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s