Memahami Skor TOEFL

Tanggal 31 Maret 2010 kemarin aku ikut tes ITP (Institutional Testing Program) TOEFL . Kata bagian administrasi TOEFL di ITB tes ini biasanya diambil orang yang ingin mengetahui skor TOEFL bukan untuk kepentingan akademis/sekolah. Biasanya untuk perusahaan yang akan mengirim wakil ke luar negeri. ITB mengadakan program tes TOEFL resmi dari Amrik, kemarin aku bayar Rp.330.000, waktu survey biaya TOEFL ke EF di Bandung ternyata cuman mungut Rp.270.000,- (kalau gak salah biayanya 30 dollar untuk ITP TOEFL test). Penyelenggaraan tes ini terbatas cuma 1 kali tiap akhir bulan. Di Bandung cuma ada dua lembaga yang mengadakan Tes TOEFL resmi ini.

Total skor TOEFL terrendah adalah 310 (sama dengan nol)  sedang skor tertinggi ITP TOEFL adalah 677. ITP TOEFL terdiri dari tiga bagian yakni Listening Comprehension , Structure and written expression , dan Vocabulary and reading section.

Skor yang bisa diterima adalah tergantung dari institusi yang menentukan. Tapi secara umum, skor di atas 600 tergolong excellent/hebat, sementara skor dibawah 400 disebut kurang cukup.

Berdasarkan hasil survey terhadap 100 ribu orang yang ikut test ITP TOEFL sampai Juni 2005 didapat hasil sebagai berikut:

Cara membaca gambar di atas adalah :

Jika skor TOEFL anda misalkan 560 maka ada 50 persen dari 100 ribu peserta yang berada dibawah anda skornya. Jika skor TOEFL anda 660 maka 99 persen peserta test di seluruh dunia ini skornya berada dibawah anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s