Resep sehat dari Roseto

Mengambil dari buku Malcolm Gladwell : Outliers. Ada cerita tentang orang Roseto (orang asal pegunungan di  Italy yang tinggal di Pennsylvania Amerika). Mereka hidup sampai usia rata rata 65 tahun ke atas. Kebanyakan mereka tidak meninggal karena penyakitan seperti jantung , kolesterol, stroke dll. Mereka meninggal karena mereka memang sudah uzur.

Menurut pakar medis mungkin itu disebabkan karena makanan yang bermutu/higienis? tidak , mereka memasak dengan lemak babi dan bukan dengan minyak zaitun yang lebih sehat, mereka mendapatkan kalori 41% dari lemak,  Olah raga? tidak terlalu, mereka ternyata jarang misalnya melakukan lari pagi atau yoga, bahkan warga rosetto banyak yang perokok berat dan obesitas (kegemukan). Apakah genetika? tidak juga , karena warga Roseto yang tinggal di tempat lain dari Pennsylvania mempunyai umur lebih pendek.

Para ahli menemukan bahwa kuncinya ada pada kedekatan di antara orang-orang Roseto. Mereka sering berkunjung ke rumah tetangganya untuk ngobrol-ngobrol, memasak untuk tetangganya, bercakap-cakap satu dengan lainnya, juga keluarga mereka adalah tiga generasi dalam satu atap (dalam satu rumah ada kakek/nenek, ortu, dan anak-anak/cucu). Dan ahli mendapati kaum tua (kakek/nenek) mendapat penghormatan yang besar dari golongan mudanya.

Kaitannya dengan klub fusal ?

Di klub kami bermain dengan riang gembira, tidak ada tekanan, free. dan setelah bermain kami suka ngobrol- dan tertawa bersama melihat kelucuan-kelucuan yang terjadi selama permainan. Misalnya ada seorang striker yang memasukkan bola dengan “smash” (benar-benar smash ala voli) yang “mematikan” (mencedrai muka sang kiper..olaaaa), ada juga seorang back dengan keahlian mirip hombreng (osok nyabakan wae).

It’s not only the sport….

It is the community..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s